28 September 2008

Balapan Malam Pertama Milik Alonso

Singapura - Fernando Alonso mencatatkan diri sebagai pembalap pertama yang memenangi balapan F1 malam. Lewis Hamilton masih memuncaki klasemen setelah finis di posisi tiga sementara Felipe Massa bernasib sial.

Dari Sirkuit Jalanan Singapura, wartawan detiksport, Kris Fatoni melaporkan, balapan F1 yang untuk pertama kali digelar malam hari memunculkan banyak drama. Selain aksi sengit saling susul antar pembalap, safety car yang keluar sampai dua kali member banyak pengaruh terhadap hasil balapan.

Insiden paling menarik tentu saja yang melibatkan Massa. Dia nyaris ikut balapan dengan membawa selang bahan bakar. Secara keseluruhan Ferrari tampil buruk di Singapura lantaran Kimi Raikkonen gagal menyelesaikan balapan, The Iceman menabrak dinding pembatas ketika balapan tersisa empat lap.

Buat Alonso hasil ini jelas menjadi prestasi besar, apalagi dia memulai balapan dari posisi 15. Setelah kembali ke Renault di awal musim ini, pembalap Spanyol itu tak pernah lagi tampil meyakinkan.

Inilah kemenangan sekaligus podium pertama Alonso sepanjang musim ini. Sebelumnya, raihan terbaik juara dunia dua kali ini hanya finis di posisi empat pada seri Australia dan Hongaria.

Sementar Lewis Hamilton sukses mempertahankan puncak klasemen miliknya setelah menyelesaikan balapan di posisi tiga, satu posisi di bawah Nico Roseberg yang jadi runner up.

Jagoan McLaren Mercedes itu kini punya nilai 74, unggul tujuh poin dari Felipe Massa yang gagal dapat poin karena menyelesaikan balapan di posisi 13. Dengan tiga seri tersisa, peluang Hamilton untuk merengkuh gelar juara dunia pertamanya semakin terbuka lebar.

Tidak ada komentar: