27 Juli 2008

Lazio Nyaris Dimiliki Mafia

Keinginan sebuah kelompok mafia terkenal untuk membeli Lazio melalui pihak ketiga berhasil digagalkan oleh pihak berwenang Italia.

Rencana tersebut dirancang oleh keluarga Casalesi dari kelompok kejahatan terorganisir Camorra yang merupakan versi mafia dari kota Napoli.

Kabarnya dana yang akan digunakan untuk pembelian klub asal kota Roma itu didapat dari hasil kekerasan dan intimidasi.

Semua berhasil dibongkar polisi lewat penyelidikan yang diberi sandi "Sayap-Sayap Patah", dan surat penahanan telah dikeluarkan bagi 10 orang yang terlibat termasuk mantan pemain dan presiden Lazio Giorgio Chinaglia.

Pada tahun 2006, presiden Lazio saat itu Claudio Lotito diberikan perlindungan polisi setelah menerima ancaman dari suporter ultras Lazio yang dicurigai melakukan intimidasi untuk memaksa Lotito menjual Lazio ke konsorsium yang dipimpin oleh Chinaglia.

Sebuah sumber yang mengetahui mengenai penyelidikan tersebut memberitahu Reuters kalau Chinaglia dijadikan sosok referensi untuk percobaan pembelian klub yang bermarkas di Stadio Olimpico itu.

Chinaglia yang sekarang masih menjadi buronan di Amerika Serikat menyatakan kalau ia mewakili perusahaan farmasi Hongaria Richter Gedeon saat mengajukan tawaran pembelian Biancocelesti. Namun hal itu telah dibantah oleh perusahaan tersebut.

Terbongkarnya kasus ini menambah suram nasib Lazio yang pada musim Serie A sebelumnya hanya mampu berada di posisi 12, sementara musuh berat mereka AS Roma berada di posisi 2.

Tidak ada komentar: