29 September 2008

Keberuntungan Fantastis Alonso


Singapura - Fernando Alonso menyebut kemenangannya di GP Singapura sebagai keberuntungan. Apapun pendapatnya, yang jelas dia tampil fantastis untuk jadi kampiun di balapan bersejarah tersebut.

“Fantastis,” seru Alonso menanggapi kemenangannya di GP Singapura, Minggu (28/9/2008). Kemenangan bersejarah yang akan selalu diingat karena dia menjadi kampiun pertama balapan malam F1.

Tak berlebihan Alonso menyebut kemenangannya sebagai sesuatu yang fantastis. Duduk di podium tertinggi setelah memulai balapan di posisi 15 jelas bukan sesuatu yang bisa didapat banyak pembalap bahkan di sepanjang sejarah F1.

Hebatnya lagi ini merupakan kemenangan pertama Alonso musim ini, kemenangan pertama dia dan Renault setelah yang terakhir didapat di GP Italia tahun 2007 lalu. Pemuda Spanyol itu pun tercatat dalam buku sejarah sebagai pembalap pertama yang memenangi balapan malam F1.

Soal kemenangannya itu, Alonso sendiri lebih menyebutnya sebagai keberuntungan semata. Yang jadi kunci kemenangan Alonso adalah keluarnya safety car hanya beberapa waktu setelah dia masuk pit stop.

Safety car yang keluar menyusul kecelakaan Nelson Piquet memang berpengaruh besar terhadap jalan balapan dan hasil lomba. Selain berbuntut pada musibah yang menimpa Felipe Massa dan kemudian banyak berefek pada Kimi Raikkonen, kemunculan safety car memberinya posisi yang sangat baik saat balapan dimulai kembali.

"Tak beruntung kemarin dan mungkin beruntung hari. Sepertinya tidak mungkin untuk mendekat pembalap di papan atas. Kami sangat kompetitif sejak Jumat," lanjut Alonso yang berhasil jadi yang tercepat pada free practice II dan III.

"Saya tidak beruntung di sesi kualifikasi, kami memulai balapan dari belakang dan safety car pertama banyak membantu saya sehingga bisa memenangi. Kami sempat memikirkan strategi satu pit stop tapi ada kekhawatiran dengan masalah rem, jadi kami piker itu tak mungkin dan kami mencoba hal lain," pungkas Alonso seperti diberitakan Autosport.

Tidak ada komentar: