29 September 2008

Penuh Drama di Jalanan Singapura


Singapura - Serangkaian drama tersaji di GP Singapura yang untuk kali pertama dilangsungkan malam hari. Fernando Alonso meraih kemenangan pertama, Lewis Hamilton mempertahankan puncak klasemen sementara duo Ferrari apes.

Seperti dilaporkan wartawan detiksport, Kris Fathoni, balapan di Sirkuit Jalanan Singapura, Minggu (28/9/2008), berlangsung seru. Seperti umumnya balapan jalan raya, sejumlah insiden menambah daya tarik race.

Tapi kejadian menarik tak cuma terjadi dilintasan karena di dalam pit justru muncul drama yang banyak memberi pengaruh pada hasil balapan. Sementara di tengah lintasan, selain aksi saling susul, balapan juga sempat diselingi dua kali keluarnya safety car.

Yang jadi bintang dalam balapan ini tentu saja Fernando Alonso mengingat dia menjadi juara meski memulai balapan dari posisi 15. Ini juga jadi kemenangan pertama Alonso sepanjang musim ini setelah sebelumnya hasil terbaik yang dia dapat Cuma posisi empat.

Dari persaingan menuju juara dunia, Lewis Hamilton kini berada di atas angin. Meski Cuma duduk di posisi tiga, tambahan enam poin sudah cukup mengukuhkan posisinya dipuncak klasemen dengan keunggulan tujuh poin dari Massa.

Pembalap Brasil itu sendiri bernasib sial. Meraih pole position, Massa akhirnya Cuma finis di posisi 13. Hasil ini tak bisa dilepaskan dari kekacauan yang terjadi saat dia masuk masuk pit stop untuk kali pertama. F2008 milik Massa membawa serta selang bahan bakar sejauh beberapa puluh meter yang membuatnya kehilangan banyak waktu.

Jalannya Balapan
Meraih pole position, Massa menjaga momentum tersebut dengan menjalani start sempurna. Sementara Hamilton juga berhasil mempertahankan posisi dua miliknya dari serangan yang dilancarkan Kimi.

Di tikungan pertama ke arah kiri, banyak mobil terlihat berdempetan dalam jarak sangat dekat, namun tak ada insiden yang membuat pembalap harus menyelesaikan balapan di awal lomba. Peningkatan yang cukup signifikan diraih Fernando Alonso saat balapan masuk lap kedua, dia sudah naik tiga strip ke urutan 12.

Meski bertarung di trek sempit bukan berarti aksi susul minim terjadi. Di lap keempat Nico Roseberg sukses menyalip Jarno Trulli, keduanya bahkan sempat saling susul sebelum sang pembalap Williams berhasil mengungguli si driver Toyota

Memasuki lap 10 Massa mulai menciptakan jarak dengan Hamilton, keduanya terpaut sekitar 3,3 detik. Sementara di lap yang sama Kimi mencatatkan fastest lap, untuk terus memberi tekanan pada pembalap Inggris tersebut.

Alonso menjadi pembalap pertama yang masuk pit stop saat balapan baru berusia 12 lap. Tiga lap kemudian rekan setimnya bernasib apes, gagal menguasai mobilnya yang melintir, bagian belakang mobil milik Nelson Piquet rusak berat setelah menghantam tembok pembatas. Insiden ini mengundang keluarnya safety car.

Di lap 17 giliran Massa mengalami nasib sial di dalam pit. Pembalap Brasil itu sesungguhnya sudah mendapat lampu hijau yang menandakan dia boleh kembali melaju setelah mengisi bahan bakar, namun ternyata selang bahan bakar yang tersambung ke F2008 miliknya belum terlepas. Kekacauan pun terjadi di pit Kuda Jingkrak dengan seorang mekanik sampai terjatuh akibat sabetan selang tersebut.

Massa sempat melaju beberapa puluh meter sebelum akhirnya sadar ada selang bahan bakar tersangkut di mobilnya. Beberapa kru Ferrari terpaksa berlari menyusul dia, sayangnya usaha melepas selang bahan bakar tersebut juga tak mudah, mereka butuh waktu cukup lama sebelum Massa bisa kembali melanjutkan balapan.

Akibat kejadian ini posisi Massa melorot ke posisi 18 saat kembali ke lintasan. Sementara Kimi yang pada saat insiden terjadi tengah mengantri dilayani di pitstop juga terkena getahnya, posisi dia melorot ke urutan 16.

Saat safety car kembali ke kandangnya di lap 43, posisi terdepan menjadi Nico Roseberg. Namun keunggulan itu tak bisa dipertahankan Roseberg lama-lama karena dia terkena penalti 10 detik. Bersama Kubica dia mengisi bahan bakar sebelum pit diumumkan dibuka oleh race director, itu terpaksa mereka lakukan karena keluarnya safety car yang menyusul kecelakaan Piquet sementara persediaan bahan bakar di mobilnya sudah menipis.

Trulli yang menjadi satu-satunya pembalap yang belum masuk pit memimpin balapan saat race terselesaikan setengahnya. Dia dikuntit oleh Alonso, Rosberg, David Couldhart dan Lewis Hamilton di posisi lima.

Di sisi lintasan yang lain, penampilan Massa tak membaik usai insiden aneh yang menimpanya. Setelah terkena drive-through penalty, di lap 31 dia malah kehilangan posisi 15 setelah disalip Kubica. Massa menjalani pit stop keduanya satu lap berselang.

Memasuki lap 34, Alonso menjadi pemimpin balapan setelah Trulli masuk pit. Juara dunia dua kali itu tampil cukup meyakinkan dengan Renault RS27-nya, sementara Hamilton yang kini duduk di poisisi empat tampil kurang maksimal karena catatan waktunya di setiap lap lebih lambat sekitar satu detik lebih dari Alonso.

Saat balapan memasuki lap 41, Alonso menjalani pit stop keduanya. Dengan selisih waktu yang jauh, pembalap Spanyol itumasih memimpin balapan saat kembali ke trek. Tapi dia langsung ditempel Coulthard di posisi dua dan Hamilton di urutan tiga. Komposisi tersebut tak bertahan lama karena Hamilton dengan lihai menyusul DC untuk merebut posisi runner up.

Namun Hamilton tak bisa meneruskan tekanannya pada Alonso lantaran dia masuk pit satu lap kemudian. Insiden seperti yang dialami Massa nyaris menimpa DC yang juga mengisi bahan bakar bersamaan dengan Hamilton, untungnya DC tak sampai membawa selang bahan bakar. Pembalap yang akan pensiun di penghujung musim itu langsung menghentikan kendaraannya setelah melaju beberapa meter, namun seorang kru Red Bull jadi korban lantaran terseret mobil DC.

Posisi Hamilton turun ke urutan tujuh saat kembali kelintasan. Sementara pembalap di urutan terdepan adalah Alonso yang diikuti Timo Glock, Nico Rosberg dan Kimi.
Sebelas lap sebelum balapan selesai, Massa sempat melintir dan menabrak dinding pengaman meski kemudian mampu melanjutkan balapan. Sesaat berselang di tempat yang sama Adrian Sutil yang jadi korban. Insiden yang kedua ini memaksa keluarnya safety car untuk kali kedua.

Masuknya safety car sesungguhnya menjadi peluang buat Hamilton yang sebelumnya terpaut jauh dari Alonso karena seluruh mobil kemudian berbaris mengular di belakang safety car. Sayangnya kesempatan tersebut tak juga mampu dimanfaatkan oleh Hamilton.

Saat safety car kembali ke kandangnya di lap delapan, Hamilton ternyata tak mampu berbuat banyak. Alonso yang tak mau kehilangan kesempatan meraih kemenangan pertamanya dalam waktu singkat sudah unggul tiga detik lebih atas Roseberg di posisi dua.
Sementara usaha Hamilton menjadi runner up juga tak membuahkan hasil. Meski terus menekan Roseberg di lap tersisa dia harus puas dengan tambahan enam poin menyusul posisi tiga yang didapatnya.

Sementara Ferrrari melengkapi kemalangannya setelah Kimi mengalami kecelakaan saat balapan tersisa empat lap. Sang juara dunia itu seperti kehilangan kendali atas mobilnya sebelum menabrak tembok pembatas yang mengakibatkan ban dan suspensi depan F2008-nya ringsek.
Hasil GP Singapura
Pos Driver Team Time
1. Alonso Renault (B) 1h57:16.304
2. Rosberg Williams-Toyota (B) + 2.957
3. Hamilton McLaren-Mercedes (B) + 5.917
4. Glock Toyota (B) + 8.155
5. Vettel Toro Rosso-Ferrari (B) + 10.268
6. Heidfeld BMW Sauber (B) + 11.101
7. Coulthard Red Bull-Renault (B) + 16.387
8. Nakajima Williams-Toyota (B) + 18.489
9. Button Honda (B) + 19.885
10. Kovalainen McLaren-Mercedes (B) + 26.902
11. Kubica BMW Sauber (B) + 27.975
12. Bourdais Toro Rosso-Ferrari (B) + 29.432
13. Massa Ferrari (B) + 35.170
14. Fisichella Force India-Ferrari (B) + 43.571
15. Raikkonen Ferrari (B) + 4 laps

Tidak ada komentar: