30 Oktober 2008

Kaki & Tangan Maradona Jago, Kalau Otaknya?


Manchester - Sebagai seorang pemain sepakbola Diego Maradona telah terbukti piawai dengan kaki, kepala, bahkan tangan, untuk bikin gol. Tapi untuk melatih Argentina, isi kepala Maradona-lah yang dituntut luar biasa. Bisa?

Salah satu aksi ikonik Maradona adalah pada Piala Dunia 1986 untuk Argentina. Kala itu dia mencetak gol "Tangan Tuhan" dan gol spektakuler. Satu dibuat dengan tangan, lainnya dengan kelincahan kaki dalam melewati pemain Inggris.

Akan tetapi itu masa lalu. Yang terbentang di depan Maradona kini adalah kans menangani tim "Tango".

"Saya sangat senang Diego ditunjuk menjadi (calon) pelatih timnas," ucap Carlos Tevez, salah satu punggawa Argentina.

"Akan berbeda. Saya akan bisa bilang bahwa Diego melatih saya di timnas. Tapi tak mudah menangani Argentina, kami semua bintang di klub dan tak berpikir dengan cara yang sama," imbuh pemain asal klub Manchester United itu, seperti dilansir The Sun.

Maka jika pada akhirnya Maradona memang didapuk jadi pelatih tim nasional negaranya, tantangan besar menanti. Pertama adalah bagaimana menyatukan invididu-individu berbakat negaranya, dan kedua membuktikan dirinya memang pantas jadi pelatih yang tak hanya bermodal kharisma belaka.

"Jika semua pemain memberikan seluruh upaya di lapangan, akan sulit mengalahkan kami karena memberikan usaha 100 persen dan menang adalah hal yang sejalan. Tapi Diego harus meninggalkan hatinya di satu sisi dan memakai kepalanya. Kami tahu dia akan makin ubanan dengan melatih tim ini," lugas Tevez setengah berseloroh.

Tidak ada komentar: