28 Oktober 2008

Rooney Bebas dari Hukuman


London - FA akhirnya memutuskan tak akan mengambil tindakan apapun terkait "kasus kostum" Wayne Rooney di markas Everton. Alhasil penyerang Manchester United itu pun terbebas dari hukuman.

Yang dimaksud "kasus kostum" di atas adalah tindakan Rooney mencium badge MU di hadapan pendukung Everton, yang notabene adalah "mantan pemujanya". Kejadian tersebut terjadi ketika "Setan Merah" bertandang ke kandang The Toffees, Sabtu (25/10/2008).

Kejadian berawal ketika pemain berusia 23 tahun itu melakukan pelanggaran terhadap Mikel Arteta dan dikartukuning oleh wasit Alan Wiley. Pendukung Everton pun kontan menyorakinya dan langsung ditimpali Rooney dengan mencium badge di kostum MU.

Tindakan tersebut dinilai sebagai sebuah tindakan provokasi dan FA bisa saja menghukum Rooney untuk hal tersebut. Sebagai komparasi, tindakan serupa pernah dijatuhkan kepada kapten MU, Gary Neville, ketika bertanding melawan Liverpool pada Januari 2006. Kala itu Neville berlari di hadapan suporter lawan untuk merayakan gol Rio Ferdinand yang membawa The Red Devils mengungguli Liverpool di Anfield.

Pihak keamanan pun menuduh tindakan Neville memicu terjadinya keributan pasca pertandingan. Neville dituduh melakukan tindakan tidak pantas dan harus menerima hukuman denda 5.000 poundsterling.

Beruntung bagi Rooney apa yang menimpa Neville tidak terjadi padanya. Seperti dilansir Sportinglife, FA akhirnya memutuskan tak akan menjatuhkan apapun kepadanya. Otoritas tertinggi sepakbola Inggris itu beralasan bahwa Wiley sudah lebih dulu mengambil tindakan terhadap Rooney dengan memberinya kartu kuning. Wiley sendiri melihat tindakan mencium kostum tersebut dan tak memberikan hukuman.

Tidak ada komentar: