27 November 2008

Gerrard Menangkan Liverpool


Liverpool - Gol tunggal Steven Gerrard di matchday 5 Liga Champions membuat Liverpool menundukkan Marseille, sekaligus memastikan satu tempat buat 'The Reds' di fase knock-out.

Raihan angka Liverpool yang berjumlah 11 dari lima pertandingan sudah tak lagi terkejar Marseille dan PSV sehingga 'Si Merah' dipastikan lolos. Dengan satu partai sisa, misi Liverpool kini tinggal berupaya merengkuh posisi juara grup.

Sementara untuk Marseille yang terpaku di angka tiga, mereka dipastikan tersingkir dari Liga Champions kendati masih berpeluang mendulang satu tiket Piala UEFA.

Jalannya Pertandingan

Dirk Kuyt mengancam di menit 22. Dari penetrasi Fernando Torres, bola dilayangkan kepada Kuyt yang meneruskan dengan tandukan. Namun, kiper Steve Mandanda masih mampu menghalau.

Semenit berselang, Liverpool memimpin. Diawali dari sepak pojok bola kemudian dikuasai Alvaro Arbeloa di sayap kanan. Setelah bola dikirim Arbeloa ke muka gawang, Steven Gerrard yang tak terkawal di tiang jauh leluasa menanduk bola untuk mengubah kedudukan.

Sembilan menit menjelang jeda Marseille memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Lewat tendangan bebas, sepakan Taye Taiwo menghantam mistar dan keluar lapangan. Bola sebelumnya sempat mengenai tangan Jose Reina sehingga Marseille mendapat sepak pojok.

Dari sepak pojok bola dilayangkan ke area gawang dan Ronald Zubar sukses meneruskan di tiang jauh. Sayang buat Marseille, bola masih melebar.

Sepuluh menit di babak kedua, Marseille melakukan serangan balik. Benoit Cheyrou mengirim bola kepada Mamadou Niang yang sukses melewati Jamie Carragher dan lantas menyepak bola ke arah gawang kendati arahnya tepat ke Reina.

Andrea Dossena bisa lega Liverpool tak diganjar tendangan 12 pas usai dia melanggar Karim Ziani di tepi kotak penalti pada menit 67. Wasit menilai pelanggaran dilakukan di luar area, walau memang sangat tipis.

Hatem Ben Arfa mengambil tendangan bebas tersebut dan mengirimnya ke arah gawang. Bola deras melaju hanya untuk ditepis Reina seraya "terbang".

Sepuluh menit menjelang bubaran, Niang berpeluang menyamakan kedudukan. Namun, tandukannya menyambut tendangan bebas Ziani masih belum mengarah ke gawang.

Susunan Pemain:

Liverpool: 25-Pepe Reina; 17-Alvaro Arbeloa, 23-Jamie Carragher, 5-Daniel Agger, 12-Fabio Aurelio (2-Andrea Dossena 46); 20-Javier Mascherano, 14-Xabi Alonso; 18-Dirk Kuyt (21-Lucas 85), 8-Steven Gerrard, 11-Albert Riera (15-Yossi Benayoun 64); 9-Fernando Torres

Olympique Marseille: 30-Steve Mandanda; 24-Laurent Bonnart (17-Mamadou Samassa 89), 15-Ronald Zubar, 5-Vitorino Hilton, 3-Taye Taiwo; 6-Karim Ziani, 19-Lorik Cana, 7-Benoit Cheyrou; 14-Bakari Kone (28-Mathieu Valbuena 78), 11-Mamadou Niang, 20-Hatem Ben Arfa

Tidak ada komentar: