29 Desember 2008

Liverpool Hancurkan Newcastle 5-1


Newcastle - Liverpool tampil perkasa pada laga terakhirnya di tahun 2008. Bertandang ke Newcstle United, The Reds menghancurkan The Magpies dengan skor 5-1 yang sekaligus mengatar mereka memuncaki klasemen di akhir tahun 2008.

Di St James Park, Minggu (28/12/2008), Liverpool mendominasi penuh jalannya pertandingan sejak menit awal. Beberapa peluang matang berhasil dikreasikan, meski banyak yang terbuang karena gemilangnya penampilan kiper Shay Given.

Kesempatan pertama tuan rumah datang di menit empat saat Steven Gerrard berusaha memanfaatkan kegagalan Fabricio Coloccini menghalau bola yang diumpan Yossi Benayoun. Upaya Gerrard tak membuahkan hasil bagus karena dia terpeleset saat melepaskan tendangan, bola yang menyasar ke Dirk Kuyt lagi-lagi bisa dimaksimalkan menjadi gol karena sepakannya dari sudut sempit dihalau Given dengan dadanya.

Usaha kedua Gerrard dua menit berselang juga tak membuahkan hasil. Usai melakukan kerjasama dengan Kuyt, sepakan terarahnya ditepis dengan gemilang oleh Given. Sementara upaya berikutnya yang cuma berselang dua menit kembali hanya berbuah tendangan sudut lantaran Given membuat aksi spektakuler saat melayang membuang bola yang mengarah ke sudut kanan atas gawangnya.

Dari dua tendangan sudut di menit 19 dan 20 Liverpool kembali menyia-nyiakan kesempatan. Pada peluang yang pertama tandukan Hyypia dalam posisi tak terkawal saat meneruskan umpan Gerrad masih menyamping, sementara sundulan Lucas kembali mentah di tangah kiper asal Irlandia itu.

Memasuki menit 31 Given harus menyerah saat gawangnya akhirnya jebol. Adalah Gerrard yang merobek jalanya untuk kali pertama saat tendangan kerasnya menuntaskan kerja sama Javier Mascherano dan Yossi Benayoun tak kuasa untuk dihadang.

Keunggulan satu gol The Kop tak bertahan lama karena lima menit berselang tim tamu memperlebar keunggulan. Kali ini Sami Hyypia yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menanduk bola sepak pojok.

Di masa injury time pendukung The Magpies dibuat bergemuruh saat David Edgar memenangi duel dengan Jamie Carragher untuk membelokkan bola tendangan sudut ke dalam gawang Pepe Reina. Tim tamu unggul 2-1 saat turun minum.

Ryan Babel membuat publik tuan rumah tertunduk lesu saat babak kedua baru berjalan lima menit. Dari sebuah kemelut di muka gawang yang diawali tendangan sudut, sepakan pesepakbola Belanda itu dari jarak dekat mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Setelah gol tersebut keunggulan pasukan Rafael Benitez semakin menjadi-jadi. Gerrard pun memperbesar keunggulan timnya menjadi 4-1 saat dia dengan dingin mengarahkan bola ke dalam gawang dengan mencungkilnya melewati Given setelah mendapat umpan terobosan dari Lucas.

Pesta The Reds ditutup oleh Xabi Alonso saat pertandingan memasuki menit 76, kali datang dari eksekusi penalti menyusul pelanggaran Edgar terhadap Babel. Eksekusi penalti gelandang Spanyol itu ke arah kanan tak mampu dibaca oleh Given yang membuat kedudukan berubah menjadi 5-1.

Susunan Pemain

Newcastle United: Shay Given, Fabricio Coloccini, Steven Taylor, Sanchez Jose Enrique (Shola Ameobi '45), David Edgar, Nicky Butt (Geremi '57), Danny Guthrie, Charles N'Zogbia, Jonás Gutierrez, Michael Owen (Kazenga LuaLua'79), Damien Duff

Liverpool: Pepe Reina, Daniel Agger, Sami Hyypia, Emiliano Insua, Jamie Carragher, Lucas, Javier Mascherano, Dirk Kuyt (Martin Skrtel '79), Steven Gerrard (David Ngog '71), Ryan Babel, Yossi Benayoun (Xabi Alonso '60)

Tidak ada komentar: