29 Desember 2008

Chelsea Diimbangi Fulham 2-2


London - Chelsea gagal mengikuti jejak Liverpool yang meraih poin penuh di laga penutup 2008. Bertandang ke Fulham, The Blues dipaksa puas bermain imbang 2-2.

Chelsea yang sempat tertinggal di babak pertama layak menyesali hasil imbang ini. Soalnya lewat dua gol Frank Lampard mereka sempat balik memimpin sebelum kemudian disamakan The Cottagers saat pertandingan menginjak menit 90.

Tambahan satu poin tak mengubah posisi Chelsea di urutan kedua klasemen Liga Inggris dengan poin 42, terpaut tiga angka dari Liverpool di puncak dan unggul tujuh poin atas Manchester United di urutan tiga yang baru akan bertanding Senin (29/12/2008) besok menghadapi Middlesbrough.

Buat Fulham tambahan satu poin ini membuat posisi mereka turun satu anak tangga ke urutan sembilan, disalip Wigan Athletic yang pada pertandingan lain menang 1-0 atas Bolton Wanderers.

Jalannya Pertandingan

Bertanding di Craven Cottage, Minggu (28/12/2008) malam WIB, Chelsea lebih dulu memiliki peluang melalui Didier Drogba di menit sembilan. Diawali umpan Deco pada Florent Malouda, gelandang Prancis itu langsung mengirim bola pada Drogba di sisi kiri. Namun sepakan Drogba ke tiang dekat cuma membentur sisi luar gawang.

Semenit setelah peluang tersebut justru Fulham yang menjebol gawang Chelsea. Diawali tendangan bebas Simon Davis di sisi kiri, bola yang melambung ke tengah kotak penalti Chelsea gagal menemui seorang pemain pun. Si kulit bundar yang melayang ke tiang jauh justru berhasil menemui Dempsey yang sempat mengontrol bola dengan dadanya sebelum menceploskan ke dalam gawang.

Di menit 18 Drogba kembali mengkresikan peluang saat tendangan Drogba dari tepi kotak penalti meneruskan umpan terobosan John Obi Mikel melenceng tipis dari sasaran. Upaya menyamakan kedudukan juga dimiliki Nicolas Anelka, namun sama seperti Drogba, striker Prancis itu juga urung menjebol jala Mark Schwarzer.

The Blues nyaris menyudahi babak pertama dalam posisi imbang kalau saja bola tendangan Lampard yang diterimanya dari Anelka tidak dihalau Schwarzer. Cuma tendangan sudut yang didapat The Blues dari prosesi ini.

Upaya Si Biru menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil saat pertandingan masuk menit kelima babak kedua melalui Lampard. Gelandang internasional Inggris itu menceploskan bola ke gawang setelah kiper Mark Schwarzer justru berbenturan dengan bek Aaron Hughes yang tengah berduel dengan Didier Drogba di kotak penalti setelah mendapat umpan panjang.

Bola liar tersebut dengan mudah diarahkan ke gawang yang kosong oleh Lampard. Chelsea menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di menit 66 Schwarzer membuat dua penyelamatan gemilang secara berturut-turut yang menghindarkan Chelsea balik memimpin. Setelah memblok drive keras Joe Cole, kiper Australia itu dengan gemilang meninju bola mental dari prosesi tersebut sambil menjatuhkan diri untuk menghindarkan Anelka yang datang untuk merebound-nya.

Tapi di menit 73 Schwarzer harus menyerah oleh tendangan bebas Frank Lampard. Mengeksekusi dari luar kotak penalti, bola yang disepak Lampard menerobos pagar hidup pemain Fulham. Upaya Mark Schwarzer menghalau laju bola setelah sempat salah langkah tak berhasil baik karena si kulit bundar tetap mereobos ke dalam gawang.

Tak ada peluang berbahaya yang diciptakan kedua tim beberapa menit berselang. Chelsea nampaknya akan membawa pulang tiga angka karena hingga menit 89 masih memimpin 2-1. Namun dari sebuah tendangan sudut yang pertama tercipta dalam laga tersebut, bencana buat pasukan Luiz Felipe Scolari datang.

Tandukan Dempsey dari tengah kotak penalti mengarah ke tiang jauh gawang Petr Cech. Tak mampu menjangkau bola, kiper Republik Ceko itu tak bisa hanya bisa memandangi si kulit bundar yang merobek jalanya untuk kali kedua.

Chelsea masih punya peluang meraih kemenangan beberapa detik berselang. Namun tendangan keras Lampard dari luar kotak penalti membentur pemain bertahan Fulham, oadahal saat itu kiper Schwarzer belum kembali ke posisinya usai menghadapi gempuran dari Anelka.

Tidak ada komentar: