28 Desember 2008

Milan Periode Terburuk Gila


Firenze - Alberto Gilardino membangun reputasinya di Parma dan saat ini sedang mengembalikan performanya di Fiorentina, setelah mengalami masa-masa terburuk dalam karirnya di AC Milan.

Pemain yang biasa disapa Gila itu mencuat namanya saat membela Gialloblu di tahun 2002-2005. Talentanya sebagai penyerang hebat "terbongkar" ketika ia mencetak 23 gol di Seri A secara berturut-turut di musim 2003/04 dan setelahnya.

Gengsinya naik saat dibeli Milan di tahun 2005. Namun, selama tiga musim memperkuat Il Diavolo sinarnya relatif tak terlalu terang. Walaupun statistiknya tak jelek-jelek amat -- mencetak 36 gol dari 94 game di Seri A -- sosoknya di San Siro kurang bergaung.

"Milan adalah periode terburuk dalam karirnya," cetus Gila dalam wawancaranya dengan Corriere della Sera menjelang akhir tahun. "Aku punya banyak hambatan (dengan pelatih Carlo Ancelotti). Tapi aku tidak merasa dendam. Dia membuat pilihan-pilihannya dan aku menghormatinya."

Pemain berusia 26 tahun itu meninggalkan Milan di musim panas ini dan bergabung dengan Fiorentina. Sejauh ini ketajamannya cepat kembali. Ia sudah mengoleksi 12 gol di liga, atau total 17 gol dari 24 pertandingan di semua kompetisi.

"Di Tahun Baru ini kami ingin kembali ke Liga Champions dan melangkah sejauh mungkin di Piala UEFA," tandas Gila dalam resolusinya menjelang 2009.

Fiorentina saat ini duduk di peringkat empat Seri A dan akan bertemu Ajax Amsterdam di babak 32 besar Piala UEFA di bulan Februari. Musim lalu mereka kalah adu penalti dari Rangers di babak semifinal Piala UEFA.

Tidak ada komentar: