27 Agustus 2008

Liga Inggris Pekan Ini: Chelsea & Liverpool Buru Kesempurnaan

Jakarta - Sudah dua pekan berjalan, hanya Chelsea dan Liverpool yang masih mengoleksi poin sempurna di Premiership. Akankah kesempurnaan itu berlanjut di pekan ketiga, atau malah justru terhenti?

Untuk sementara Chelsea bertengger di puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan poin enam hasil dari dua kali kemenangan kontra Portsmouth (4-0) dan Wigan (1-0). Bukan hanya itu, "Si Biru" juga jadi satu-satunya tim yang sampai saat ini gawangnya belum jebol.

Pada pekan ketiga, tim besutan Luiz Felipe Scolari akan coba meneruskan tren positif tersebut ketika menjamu Tottenham Hotspur. Kondisi kedua tim terbilang kontras; kalau Deco cs masih sukses meraup angka penuh, Jonathan Woodgate dkk malah selalu kalah dari dua laganya.

Spurs yang pada bursa transfer musim panas merekrut pemain-pemain muda menjanjikan seperti Luca Modric dan Giovanni dos Santos, sepertinya belum bisa menemukan ritme yang tepat. Gonjang-ganjing kepindahan Dimitar Berbatov ke Manchester United pun bikin atmosfer internal jadi kurang kondusif.

Kepercayaan diri Chelsea kian berkibar karena dalam laga kandangnya, Spurs belum pernah bisa menang atas mereka di ajang Liga, bahkan semenjak format Premiership digulirkan. Dalam tiga musim terakhir Chelsea juga selalu memenangi London Derby kontra Spurs saat dihelat di Stamford Bridge.

Sementara itu Liverpool yang juga telah meraup enam angka dari dua laga, pada akhir pekan ini bakal ditunggu Aston Villa. Uniknya, di pekan lalu kedua tim sama-sama mencuatkan gol telat pada masing-masing partainya. Gol telat membawa kemenangan buat "Si Merah" atas Middlesborough dan sebaliknya kekalahan buat "The Villans" dari Stoke City.

Dari sejarah pertemuan kedua klub, Villa terbukti acap menghadirkan perlawanan alot buat Liverpool. Namun Steven Gerrard cs boleh berbangga diri karena belum pernah kalah dari Villa di Liga Primer selama enam musim terakhir.

Satu kandidat juara Premiership lainnya, Arsenal, akan berupaya bangkit dari kekalahan 0-1 atas Fulham di pekan kedua. "The Gunners" sedikit kurang beruntung karena lawan yang akan dihadapi di Emirates Stadium adalah Newcastle United yang kurvanya tengah naik. Setelah menahan imbang MU 1-1 di laga pertama, "The Magpies" lantas menekuk Bolton Wanderers.

Dengan demikian, Arsenal tetap harus ekstra waspada saat menjamu Newcastle. Keliru mengantisipasi, "Gudang Peluru" yang jadi tuan rumah bisa diporakporandakan "Toon Army" seperti pada laga 18 Desember 2001 yang berakhir 3-1 buat kemenangan tim tamu, Newcastle.

Pada akhir pekan ini, juara bertahan MU takkan tampil karena akan bermain di Piala Super Eropa.

Jadwal Liga Inggris Pekan Ini:

Sabtu (30/8/2008)
Bolton v West Brom
Everton v Portsmouth
Hull v Wigan
Middlesbrough v Stoke
West Ham v Blackburn
Arsenal v Newcastle

Minggu (31/8/2008)
Chelsea v Tottenham
Sunderland v Man City
Aston Villa v Liverpool

Tidak ada komentar: