29 Oktober 2008

FIA Tanggapi Ancaman Mundur Ferrari


Jenewa - Ancaman Ferrari mundur dari F1 terkait rencana menstandarkan mesin ditanggapi FIA. Menurut organisasi tertinggi balap jet darat itu, ada sedikit kesalahpahaman di kubu Ferrari.

"FIA sudah mencatat pernyataan yang diungkapkan anggota dewan Ferrari," buka pernyataan kubu FIA seperti dikutip Autosport, Rabu (29/10/2008).

"Sepertinya pihak Ferrari salah menerima informasi. FIA menawarkan kepada tim tiga opsi, satu di antaranya yang disebut mesin standar, dan yang lainnya adalah ketika pabrikan bersama-sama memberi jaminan untuk mensuplai dana tim independen maksimal lima juta euro per musim."

"FIA gembira dengan kesuksesan finansial Ferrari dan berharap semua ini akan bertahan. Akan tetapi beberapa tim menghadapi masalah pembiayaan yang banyak memotong pendapatan mereka. Semua ini tidak bisa dipertahankan."

"Sekarang tinggal bagaimana tim pabrikan menyetujui satu dari tiga opsi FIA atau mereka sendiri yang membuat proposal untuk mengurangi pembiayaan ke level yang masuk akal."

Bagaimana bila opsi yang ada tidak dipilih oleh tim-tim yang mapan? "FIA akan mengambil langkah yang dianggap perlu untuk melidungi kepercayaan kejuaraan dunia ini, baik untuk pembalap maupun konstruktor," tutup pernyataan kubu FIA itu.

Tidak ada komentar: