29 November 2008

El Matador Gantung Sepatu


Santiago - Salah satu penyerang yang pernah membetot perhatian dunia sepakbola, Marcelo Salas, menyatakan mundur dari dunia sepakbola. Salas gantung sepatu dalam usia 33 tahun.

Pengumuman tentang mundurnya Salas ini dilakukan oleh Presiden Universidad de Chile Federico Valdes. Universidad adalah klub Salas saat ini.

"Saya melakukan pertemuan dengan Salas hari ini dan dia bilang dia sudah memutuskan untuk tidak lagi bermain," ungkap Valdes dalam sebuah wawancara televisi. Demikian kabar Reuters.

"Partai profesional terakhir Marcelo adalah melawan Cobreloa Minggu lalu ketika ia mencetak dua gol," tambah Valdes.

Universidad adalah klub pertama Salas yang memasuki kancah profesional pada tahun 1993. Tahun 1996, pemain bertinggi 174 cm itu bergabung dengan klub Argentina, River Plate.

Salas membantu Cile lolos ke putaran final Piala Dunia 1998 di Prancis; sesuatu yang tidak pernah mereka raih dalam 16 tahun terakhir. Di sana, ia mencetak empat gol dan duetnya dengan Ivan Zamorano membantu Cile melaju ke perdelapanfinal.

Lazio menjadi pelabuhan berikut Salas pasca Piala Dunia. Salas membantu Gli Aquilotti merebut scudetto tahun 2000 sebelum kemudian dilepas ke Juventus tahun 2001.

Di Juve, prestasi Salas mandeg karena ia banyak dirundung cedera. Hanya dua tahun di Turin, pemain berjuluk El Matador ini kembali ke River Plate tahun 2003 dan akhirnya ke Universidad tahun 2005.

Salas adalah pemain dengan sumbangan gol terbanyak bagi Cile dengan 37 gol dari 70 caps-nya. Dua gol terakhirnya untuk timnas dicetaknya pada laga PPD 2010 melawan Uruguay tahun lalu. Pertandingan itu berakhir 2-2.

Tidak ada komentar: