29 Desember 2008

Gallas Menangkan Arsenal


London - Arsenal harus menunggu hingga menit 81 untuk bisa menundukkan Portsmouth dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal The Gunners datang dari mantan kapten mereka, William Gallas.

Tambahan tiga poin ini cukup untuk mengantar Arsenal menapaki kembali posisi Big Four. Jumlah 35 poin yang mereka kumpulkan sebenarnya sam dengan Aston Villa yang sebelumnya duduk di posisi empat, The Villans sendiri baru akan bertanding Selasa lusa menyambangi Hull City.

Buat Portsmouth kekalahan ini membuat mereka kehilangan posisi 11 yang sebelumnya ditempati dan merosot ke urutan 12 dengan poin 23.

Jalannya Pertandingan

Meski lebih menguasai pertandingan dan memaksa tamunya bertahan, Arsenal tak mampu membuat peluang matang di menit-menit awal laga.

Justru Portsmouth yang lebih dulu menebar ancaman saat laga memasuki menit 24. Memanfaatkan postur jangkungnya, tandukan Peter Crouch setelah menerima umpan diagonal yang dilepaskan rekannya cuma membentur mistar gawang.

Baru di menit 32 kubu tuan rumah memberi sedikit hiburan buat pendukungnya melalui Emmanuel Adebayor. Menusuk dari tengah lapangan, Drogba sukses melewati David James untuk berhadapan dengan gawang yang kosong. Namun striker Togo terlalu lama menahan bola yang membuat Sol Campbell bisa memblok sepakannya sementara Distin mengamankannya dengan membuang bola.

Dua menit berselang gantian Gallas menebar ancaman. Tapi upaya menjebol jala lawan dengan tandukan tak berhasil bagus karena selain terlalu lemah, arahnya juga masih menyamping dari sasaran.

Dua menit babak kedua berjalan gawang Portsmouth kembali nyaris jebol. Kali ini melalui sundulan Mikael Silvestre meneruskan tendangan sudut yang gagal dihalau David James, namun gol urung tercipta dari prosesi ini karena bola yang mengarah ke gawang disapu bek Pompey tepat di garis gawang.

Memasuki pertengahan babak kedua, Adebayor membuang peluang terbaik yang dia miliki. Mendapat bola tepat di depan gawang akibat kesalahan David James, setelah sepakan pertamanya gagal berbuah gol, rebound yang dia lakukan malah cuma membentur sisi luar gawang.

Setelah upaya Samir Nasri di menit 73 bisa diantisipasi James dengan baik, Arsenal akhirnya benar-benar mencetak gol saat laga tersisa sembilan menit.

Tandukan Gallas memanfaatkan bola tendangan bebas Denilson yang mengarah ke kepalanya setelah ditinju James, bersarang di jala Pompey untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Gol tersebut menjadi gol pertama sekaligus terakhir sepanjang pertandingan karena di sisa waktu kedua kesebelasan tak mampu menyarangkan bola ke dalam gawang lawannya.

Tidak ada komentar: